Skip to main content

BAB 1 | Arsitektur Komputer dan Bahasa Assembly - Page 3

readmore Catatan ini adalah tentang (fundamental) arsitektur komputer tingkat-assembly (assembly-level). Untuk melakukan ini secara efektif perlu benar-benar mempelajari bahasa assembly dan rincian processor tertentu, dan menulis program untuk hal tersebut (praktek). Ini misalnya seperti eksperimen yang Anda lakukan dalam kimia sekolah menengah. Tujuan mereka adalah untuk mengajari Anda dasar-dasar kimia, bukan untuk mengajarkan Anda cara membuat tabung reaksi penuh dengan air berwarna-warni. Tetapi tanpa eksperimen (praktek) "air berwarna warni", pemahaman Anda tentang kimia mungkin tetap abstrak dan samar-samar, dan akan segera terlupakan.
Halaman Sebelumnya   Beranda Kursus   Halaman Selanjutnya
Jawaban:
Tidak. Bahasa rakitan (Assembly) modern yang dirancang dengan baik (well-designed) adalah yang terbaik, tetapi apapun itu tetap baik.

Fundamental

Arsitektur MIPS, modern dan dirancang dengan baik. Chip MIPS dirancang pertama kali pada tahun 1985. Rancangannya mencakup ide-ide terbaik dari arsitektur komputer. Mungkin mengejutkan Anda bahwa sesuatu yang dilakukan pada 1985 dapat disebut "modern". Namun, dasar-dasar (Fundamental) ilmu apapun berubah perlahan. MIPS adalah chip yang sangat baik untuk dipelajari jika Anda ingin mempelajari dasar-dasar cara kerja komputer.

Program bahasa assembly menggambarkan dengan tepat apa yang harus dilakukan perangkat keras, selangkah demi selangkah (step by step), dalam hal operasi dasar perangkat keras. Dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C atau Java, seorang programmer kebanyakan tidak menyadari arsitektur komputer, Program sumber (source program) yang sama dapat dijalankan (setelah dikompilasi) pada setiap keluarga processor.

Catatan ini adalah tentang (fundamental) arsitektur komputer tingkat-assembly (assembly-level). Untuk melakukan ini secara efektif perlu benar-benar mempelajari bahasa assembly dan rincian processor tertentu, dan menulis program untuk hal tersebut (praktek). Ini misalnya seperti eksperimen yang Anda lakukan dalam kimia sekolah menengah. Tujuan mereka adalah untuk mengajari Anda dasar-dasar kimia, tetapi tidak mengajarkan Anda cara membuat tabung reaksi dengan air berwarna-warni. Tanpa mempraktekkan eksperimen tersebut, pemahaman Anda tentang kimia mungkin tetap abstrak dan samar-samar, dan akan segera terlupakan.
Pertanyaan 3:
Apakah Anda perlu belajar mengemudi mobil setiap kali Anda membeli mobil baru?

Comments