Skip to main content

BAB 1 | Arsitektur Komputer dan Bahasa Assembly - Page 4

Machine Cycle Sebagian besar processor tanpa henti mengulangi tiga langkah dasar. Setiap siklus mesin (Machine Cycle) menghasilkan eksekusi satu instruksi mesin. Processor modern melakukan jutaan putaran mesin per detik. Instruksi mesin (Machine Intruction) adalah pola bit yang sesuai dengan operasi fundamental dari processor seperti menambahkan dua bilangan bulat 32-bit bersama-sama atau menguji apakah suatu nilai nol.
Halaman Sebelumnya   Beranda Kursus   Halaman Selanjutnya
Jawaban:
Tidak, meskipun model mobil yang berbeda-beda dalam banyak hal, semua mobil pada dasarnya sama. Anda tidak perlu pelajaran khusus jika Anda beralih dari Ford ke Chevy.
Bahasa assembly juga sama. Detailnya bervariasi dari processor ke processor, tetapi dasarnya sama.

Siklus Mesin Dasar


Machine Cycle
Siklus Mesin Dasar

Sebagian besar processor tanpa henti mengulangi tiga langkah dasar. Setiap siklus mesin (Machine Cycle) menghasilkan eksekusi satu instruksi mesin. Processor modern melakukan jutaan putaran mesin per detik.

Instruksi mesin (Machine Intruction) adalah pola bit yang sesuai dengan operasi fundamental dari processor seperti menambahkan dua bilangan bulat 32-bit bersama-sama atau menguji apakah suatu nilai nol. Detail siklus mesin berbeda antara keluarga processor. Siklus mesin sebagian besar chip processor tampak seperti ini:
Fetch the Intruction (Ambil Instruksi). Instruksi diambil dari memori. Program Counter (PC) adalah bagian dari processor. Ini berisi alamat instruksi dalam memori.
Increment the Program Counter (Menambah Penghitung Program). Penghitung program sekarang menunjuk pada instruksi berikutnya.
Execute the Intruction (Jalankan Instruksi). Operasi yang diminta oleh instruksi mesin saat ini dilakukan.
Pada processor 32-bit, alamat memori memiliki lebar 32 bit sehingga Program Counter (PC) menyimpan alamat 32 bit.
Pertanyaan 4:
Bagaimana urutan instruksi mesin dieksekusi oleh siklus mesin dasar?

Comments