Skip to main content

BAB 1 | Arsitektur Komputer dan Bahasa Assembly - Page 2

Six Level of Computer Systems Ketika Anda mempelajari bahasa assembly, Anda juga mempelajari arsitektur processor tertentu. Mempelajari bahasa assembly apa pun meningkatkan pemahaman profesional Anda tentang komputer. Catatan ini tentang processor MIPS, merupakan processor yang bagus untuk dipelajari. Konsep-konsep dalam Assembly MIPS bersifat universal.
Halaman Sebelumnya   Beranda Kursus   Halaman Selanjutnya
Jawaban:
Tidak. Setiap keluarga chip processor (MIPS, PIC, SPARC, Alpha, Motorola, Intel, dll.) Memiliki arsitekturnya sendiri.

Arsitektur Processor Berbeda-beda

Arsitektur chip processor adalah deskripsi komponen dasarnya dan operasi dasarnya.
Setiap keluarga processor memiliki arsitekturnya sendiri. Bahasa assembly adalah tampilan pemrograman dari arsitektur processor tertentu. Setiap jenis processor memiliki bahasa rakitan (Assembly) sendiri.

Ketika Anda mempelajari bahasa assembly, Anda juga mempelajari arsitektur processor tertentu. Mempelajari bahasa assembly apa pun meningkatkan pemahaman profesional Anda tentang komputer. Catatan ini tentang processor MIPS, merupakan processor yang bagus untuk dipelajari. Konsep-konsep dalam Assembly MIPS bersifat universal.

Dalam bahasa assembly, satu pernyataan (statement) bahasa assembly berhubungan dengan satu operasi dasar dari processor. Ketika seorang programmer menulis program bahasa assembly, programmer meminta operasi dasar dari processor. Arsitektur processor terlihat di setiap pernyataan (statement) bahasa assembly.

Six Level of Computer Systems
Tingkatan Sistem Komputer

Catatan ini membahas bahasa assembly dari perspektif ilmu komputer, menjelaskan apa yang sedang terjadi dalam sistem komputer pada tingkatan bahasa assembly (4Assembly Language). Ini adalah pandangan di atas elektronik arsitektur komputer (5-6Electronics of Computer Architecture), tetapi di bawah pandangan sistem operasi (3Operating System) pada sistem komputer. Ilmuwan komputer memahami komputer pada banyak tingkatan. Mereka memahami bagaimana banyak tingkatan dibangun di atas yang lain. Masing-masing tingkatan ini sesuai dengan satu atau lebih mata kuliah dalam program gelar ilmu komputer.
Pertanyaan 2:
(Retoris) Apakah pemahaman Anda tentang komputer bergantung pada bahasa assembly mana yang Anda pelajari?

Comments