Skip to main content

BAB 1 | Pengantar - Arsitektur Komputer dan Bahasa Assembly

PSP Mainboard Arsitektur Komputer (architecture of a computer) adalah konsep perencanaan komponen dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru (blueprint) dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU (Processor) akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke Memory Cache, RAM, ROM, HardDisk, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

BAB 1 - PENDAHULUAN

PSP Mainboard
PSP Mainboard dengan Dua Chip MIPS

Bahasa assembly digunakan untuk menulis program dalam hal operasi dasar processor. Ini adalah tutorial dalam bahasa assembly untuk chip processor MIPS32. Tutorial ini menggunakan Simulator SPIM daripada perangkat keras yang sebenarnya.

Arsitektur Komputer (architecture of a computer) adalah konsep perencanaan komponen dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru (blueprint) dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU (Processor) akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke Memory Cache, RAM, ROM, HardDisk, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.

Bahasa assembly (murni) jarang digunakan. Sebagian besar program aplikasi ditulis dalam bahasa tingkat tinggi (high-level language). Bahkan ketika bahasa assembly digunakan biasanya sudah ditingkatkan. Fitur ditambahkan ke dalamnya untuk membuatnya lebih user-friendly. Bahasa assembly yang diperluas (extended assembly language) ini mencakup pernyataan (statement) yang sesuai dengan beberapa operasi mesin dasar. Bahasa assembly extended MIPS melakukan ini, tetapi chip processor masih terlihat.

Program dalam bahasa tingkat tinggi seperti C atau Pascal (kebanyakan) tidak bergantung pada processor yang dijalankannya. Program di Java sama sekali tidak bergantung pada processor. Namun dalam bahasa assembly, program ini ditulis sepenuhnya dalam hal processor. Bab ini memulai pembelajaran bahasa assembly.

Daftar Materi:
  • The Basic Computer Cycle
  • Machine Instructions
  • Machine Language
  • Assembly Language
  • Language Translation
  • Emulation
  • Object Modules and Load Modules
  • Separate Assembly
Pertanyaan 1:
Apakah semua chip processor memiliki arsitektur yang sama?
(Lihat jawaban di halaman selanjutnya)

Comments