Skip to main content

BAB 1 | Arsitektur Komputer dan Bahasa Assembly - Page 10

IMSAI Computer Delapan bit membentuk satu byte. Bit adalah nilai on/off tunggal. Komputer pada awalnya memiliki baris toggle switch yang digunakan untuk mengatur nilai-nilai bit dalam memori utama. (seperti di atas). Anda dapat memprogram komputer-komputer ini dengan memasukkan bit-bit dari setiap instruksi mesin dari switch panel yang berada di depan. Sebuah lampu di atas setiap saklar menunjukkan apakah itu hidup atau mati (1/on atau 0/off). Komputer modern saat ini memiliki metode yang lebih nyaman untuk memindahkan pola bit ke dalam memori.
Halaman Sebelumnya   Beranda Kursus   Halaman Selanjutnya
Jawaban:
Masalah yang melibatkan komputer dalam hal bagaimana program berjalan.

Penyimpanan Utama

Bahasa assembly tidak cocok dengan masalah ketika masalahnya adalah pengoperasian sistem komputer. Bahasa assembly digunakan untuk sistem operasi, kompiler, komunikasi, grafik tingkat rendah, dan program lain di mana arsitektur processor harus terlihat. Seringkali dengan program ini bagian penting ditulis dalam assembly dan sisanya dalam bahasa tingkat tinggi (biasanya C). Penggunaan bahasa assembly yang paling umum adalah dalam pemrograman embedded systems. Di sini chip processor adalah bagian dari mesin yang dibuat untuk tujuan tertentu (Embedded). Contohnya adalah elektronik penerbangan, satelit komunikasi, pemutar DVD, robot, elektronik mobil, telepon seluler, dan konsol game. Chip MIPS biasanya digunakan dalam hal ini (dan untuk alasan ini lebih banyak chip MIPS dibuat setiap tahun daripada processor lainnya).

IMSAI Computer
Komputer yang indah pada masanya (IMSAI)

Sekarang mari kita lanjutkan ke memori sistem komputer. Delapan bit membentuk satu byte. Bit adalah nilai on/off tunggal. Komputer pada awalnya memiliki baris toggle switch yang digunakan untuk mengatur nilai-nilai bit dalam memori utama. (seperti di atas). Anda dapat memprogram komputer-komputer ini dengan memasukkan bit-bit dari setiap instruksi mesin dari switch panel yang berada di depan. Sebuah lampu di atas setiap saklar menunjukkan apakah itu hidup atau mati (1/on atau 0/off). Komputer modern saat ini memiliki metode yang lebih nyaman untuk memindahkan pola bit ke dalam memori.

Byte yang menyusun instruksi mesin program disimpan dalam memori utama dan diambil ke dalam processor sesuai kebutuhan. Data juga disimpan dalam memori utama. Menjaga data dan instruksi dalam memori utama adalah salah satu karakteristik mesin Von Neumann, nama untuk desain dasar dari kebanyakan komputer modern.

Di MIPS, seperti pada kebanyakan komputer, setiap byte dari memori utama memiliki alamat. Alamat adalah bilangan bulat yang secara unik mengidentifikasi byte. Alamat berjalan dari 0 hingga sekitar empat miliar alamat. Namun, pada MIPS, program dan data pengguna (seperti yang akan Anda tulis) dibatasi untuk dua miliar alamat pertama.
Pertanyaan 10:
Apakah perlu memasang empat miliar byte RAM pada komputer MIPS? (Petunjuk: kisaran alamat MIPS sama dengan Pentium 32-bit).

Comments